LAFIKO

LAFIKO
cukup-berkah-bahagia

Minggu, 30 Juli 2017

Cerita perjuangan jd SPG mie gelas 10tahun lalu

10tahun lalu...
Aku anak SMA yg lg nunggu ijazah keluar, mau kuliah galau..
Gimana ga galau, ketika aku dapat PMDK di IPB jurusan Ekowisata harus terlepas begitu saja.. Alesannya cuma 1 masalah duit..
Yaudahlah yaaa.. Ikhlas aja ikutin takdir buat kuliah/kerja setelah lulus SMA.


Akhir Juli 2007 drpd ngluntang-ngalantung ga jelas, ngeliat temen2 pd jalan2 sambil nunggu ijazah..
Tapi aku bedaaaaaa...
Pas bgt ada tawaran jd SPG.. Wow kebanyang dong jd SPG di mall,dandan cantik,seragam cakep... Namanya ABG umur 18tahun,tanpa pikir panjang lgsg mau aja..
Tapiiii.... Ijazah SMA blm ada,akhirnya pake ijazah SMP.. Bikinlah surat lamaran kerja.. Disuruh dtg ke kantornya di Petamburan.
Nekat lah ga tau itu dmna.. Beraniin diri naek patas ke arah Grogol trn di Slipi.
Singkat cerita, sampailah di kantor yg jual produk Mayora.
Setelah diinterview,lolos lah jd SPG...
Tapi tidak seenak yg dibayangkan td, ternyata karna aku pake ijazah SMP aku cuma bisa jd SPG di Pasar, iyaaa pasar tradisional yg becek,bau....
Dan fee nya cuma 23.000/hr OMG...
Denger2 fee SPG udah 50.000/hr, lah ini aku setengahnya aja ga sampe.

Tapi gpp,tetep mau buat dijadiin pengalaman.. Pasar pertama tempatku bekerja adalah Pasar Enjo,Pisangan Jatinegara.

Ga mikirin gajinya kecil,tempatnya kumuh.. Semangat bekerja tetap membara..
Jam 5:30 udh jalan dr rumah naek angkot lanjut metromini ongkosnya 2.500+2.500, PP berarti 10.000, masih ada sisa 13.000 buat makan di Warteg 8.000-10.000, kira2 sisa 3.000 buat pegangan.
Udah mantep itung2an fee per hari, jadiiii sebulan cuma dapat 3.000*25hr= 75.000
Lumayan buat beli kaos 1, softex,sama parfum abal2..

Pas nyampe tokonya, ternyata jam 6:30 udh rame yg belanja, Toko grosir gitu.
Tugas aku adalah display produk Mie Gelas,masakin lalu bagiin ke customer yg belanja sampai jam 12, istirahat 30 menit mulai lg jam 12:30 harus selling mie gelas keliling sekitaran pasar Enjo
Hasil jualannya di setor ke yg punya toko.


Gimana rasanya jualan hari pertama?
Sedihhh cin,gini amat ya nyari duit.. Ditolak,ditawar,dicuekin huhh nyesek lah kalo diceritain.
Tapi kalo lg cape keliling pasar,inget lg semangat kerja buat pengalaman. Gpp hr ini dipasar, kali aja nanti naek kelas jd SPG di mall...

3hr kerja Kokoh&Cici yg punya Toko mulai nanya2 aku.. Udah mulai ngobrol,trs dia nanya pendapatan... Lahh dia terharu,trs dia ksh masukan.
Katanya ga usah beli makan diwarteg(dalam hati udah pede bgt banal dikasih makan siang dr Toko), eh taunya dia nyaranin makan mie gelas yg buat branding aja. Lahh bujukkk tiap hari makan mie gw!!!
Tapi boleh jg idenya si kokoh,lumayan kan 10.000*25hr ada 250.000

1,5bulan kerja disini aku dapat banyak pengalaman&pembelajaran. Kenalan sama orang pasar,preman pasar,pengamen pasar,pengemis pasar,tukang sapu,tukang angkut, tukang parkir... Mereka menikmati pekerjaan mereka dengan happy. Sampe akhirnya aku suka dibagi makanan sama tukang sayur,tukang buah,tukang lauk.. Alhamdulillah rejeki..


Dan gajian pertama aku adalahhhhh
Beli dispenser seharga 90rb, beli bahan warna kuning biru 4meter buat dijadiin gorden. Sisanya buat jajan...

Awalnya aku malu kerja begini,ga ada temen2 yg tau.. Tapi hari ini,aku malah bamgga sama kerja pertamaku ini yg ngajarin aku kerja keras,pantang menyerah, semangat, bersyukur..
Terimakasih Allah,hidup prihatin di masa lalu kasih pembelajaran hidup yg bikin aku kalo mau apa2 ya harus kerja!!!usaha sendiri!!!mandiri!!!ga ngeluh!!!ga manja!!!


Setelah pasar Enjo Jatinegara,masih ada pasar2 lainnya yg punya cerita seru. Next aku lanjutin yaaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar